Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017

UNBK SMK Dinilai Tanpa Kecurangan

Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat berjalan lancar tanpa kecurangan. Hingga hari terakhir pelaksanaan, Kamis, 6 April 2017, tak ada laporan mengenai kebocoran naskah soal dan kunci jawaban seperti yang terjadi pada pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akhir bulan lalu.

Kendati demikian, beragam masalah teknis seperti hambatan jaringan dan soal atau gambar yang tak terbaca masih terjadi meskipun tak sampai menghentikan pelaksanaan UN. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah terus berusaha memperbaiki kendala teknis yang menjadi kelemahan dalam penyelenggaraan UN.

Menurut dia, secara keseluruhan, pelaksanaan UN tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu yang ditengarai masih terjadi kebocoran soal. “Masih ada kelemahan itu pasti. Saya turun langsung untuk memantau pelaksanaan dan mencari kelemahannya sehingga bisa menjadi bahan untuk evaluasi. Tidak ada yang sempurna betul,” ucapnya.

Ia menegaskan, beragam laporan yang masuk dipastikan akan ditindaklanjuti. Menurut dia, tim dari Itjen Kemendikbud sedang melakukan investigasi untuk membandingkan data temuan di lapangan dengan laporan yang masuk melalui telepon dan surat elektronik.

“Ada kritik yang masuk (terkait pelaksanaan) dan saya senang karena kritikan itu penting untuk koreksi kami ke depan,” ujar mantan Rektor Muhammadiyah Malang itu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.