Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Seberapa Pentingkah Bagi Siswa ?

Tulungagung – NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Cara Mengecek Kebenaran NISN dan Data Siswa

Mulai tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan bahwasannya mulai tahun tersebut, Ijasah harus mencantumkan NISN. Tetapi karena banyak faktor, ada beberapa NISN yang datanya belum sesuai bahkan NISN yang tertulis diijasah bisa jadi milik siswa lain. Bagaimanakah jika hal ini terjadi ? Untuk pemilik NISN yang masih menempuh pendidikan di SMP/SMK maka data NISN tersebut masih bisa diperbaiki melalui aplikasi dapodik. Sehingga jika menghendaki perbaikan data, silahkan menghubungi operator dapodik di sekolah masing-masing. Kemudian bagaimana cara mengecek data NISN yang ada diijasah ? Cara mengecek data NISN yang ada diijasah adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka laman NISN di http://nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih/klik Menu Data Siswa
  3. Pada laman yang muncul, Masukan 10 Digit NISN Siswa yang hendak dicek datanya
  4. Kemudian klik tombol Cari

Jika muncul peringatan seperti ini “NISN tidak ditemukan, mohon hubungi layanan sistem NISN dinomor telepon: 021-57905777, 021-57904804” berarti NISN tersebut belum aktif. Untuk mengaktifkannya silahkan menghubungi operator sekolah masing-masing.
Jika muncul data NISN, tetapi ada kesalahan pada datanya atau muncul data atas nama siswa lain silahkan menghubungi operator sekolah masing-masing untuk perbaikan.

Cara Mencari/Menemukan NISN

Meskipun NISN merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang siswa, tapi kebanyakan siswa tidak mengetahu NISN nya. Sedangkan beberapa daerah ada sekolah yang mengambil kebijakan menerbitkan kartu NISN sekaligus kartu tanda siswa. Bagi mereka yang tidak mengetahui NISN nya tentunya akan kebingungan saat ditanya NISN. Hal ini sering terjadi pada saat PPDB ataupun pendaftaran ke perguruan tinggi. Nah kalau begitu, bagaimana cara mencari/mengetahui NISN ? Cara mencari atau mengetahui NISN adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka laman NISN di http://nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih/klik Menu Data Siswa
  3. Pada laman yang muncul, pilih/klik pada tab “Pencarian Berdasarkan Nama”.
  4. Setelah tampil halaman baru, silahkan isi pada kolom “Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir” dengan benar dan lengkap sesuai dengan Akta Lahir / Ijazah / SKHUS / SKHUN peserta didik bersangkutan. Dan sama persis termasuk ejaan, titik dan koma (jika ada) sesuai dengan data peserta didik yang tercantum pada akta lahir, ijazah, ataupun SKHU-nya. Untuk format tanggal lahir adalah : Tgl/Bln/Thn, contoh : lahir pada tanggal 13 September 1998, maka diinput “13/09/1998”.
  5. Kemudian klik pada tombol “Cari”.
    Jika tidak ada data yang tampil (no record to display), silahkan ulangi kembali langkah pada nomor 3 di atas, dan jika memang dirasa telah entry data dengan benar sesuai dokumen fisik peserta didik yang ada ternyata tetap tidak muncul, silahkan hubungi “Operator Sekolah” Anda untuk dilakukan verifikasi maupun validasi terkait NISN siswa bersangkutan.
    Jika benar dan ternyata anak tersebut telah memiliki NISN yang valid, maka akan muncul tampilan data siswa, mulai dari NISN, Nama Lengkap Siswa, Jenis Kelamin (1 = Laki-laki, 2 = Perempuan), Tempat Lahir, dan juga Tanggal Lahir.
    Untuk melihat info siswa secara lengkap, silahkan klik pada tab “Pencarian Berdasarkan NISN”, lalu masukkan NISN (harus 10 digit angka), lalu klik pada tombol “Cari” seperti halnya mengecek NISN diatas.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.