Latar Belakang Pendirian

Dengan Rahmat Allah SWT, dan di dasarkan keinginan luhur untuk mencerdaskan anak – anak bangsa dengan dilandasi hal – hal sebagai berikut :

  1. Sebelum SMK Negeri 1 Bandung didirikan, di wilayah Kecamatan Bandung hanya ada 1 (satu) sekolah menengah atas dan yang sederajat sehingga belum ada yang lain.
  2. Untuk memajukan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Bandung dan sekitarnya, diperlukan sekolah kejuruan yang mampu melahirkan lulusan yang memiliki kecakapan hidup untuk kepentingan masyarakat dan khususnya untuk mensejahterakan dirinya sendiri yang mandiri dan sebagai tenaga profesonal.
  3. Sekolah Menengah Pertama atau sederajat yang ada di Kecamatan Bandung dan sekitar sangat mendukung  ± ada  24 (dua puluh empat) SLTP dan sederajat yang jumlah lulusan cukup besar.
  4. Hal lain yang mendukung termasuk peran serta masyarakat umum, masyarakat pendidik, Pemerintah Daerah (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, baik Pemerintah Kecamatan maupun Kabupaten Tulungagung).
  5. Keinginan masyarakat di kecamatan Bandung yang diwakili para tokoh masyarakat pada waktu itu agar di wilayah Bandung ada SMK Negeri dengan tujuan dapat memfasilitasi para alumni SLTP atau sederajat untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah.

Sejarah Pendirian

Berdasarkan pertimbangan diatas, para pemikir dan pendiri sekolah waktu itu dengan didukung penuh oleh pemerintah kabupaten Tulungagung mulai membuat perencanaan pendirian. Tepat  di bulan Juli  2004 merupakan tahun pelajaran pertama  SMK Negeri  1 Bandung  menerima  murid baru. Dengan  SK  pendirian yang ditandatangani Bupati Tulungagung,  No SK Pendirian : 421/043 /104/2004 ,  Tanggal : 30/04/2004. Sebagai SMK yang berembrio SMK kecil, pada awal melaksanakan kegiatan belajar mengajar belum memiliki gedung sendiri, sehingga harus  meminjam gedung SMPN  2 Bandung  di sore hari untuk melaksanakan pembelajaran. Setahun kemudian  dapat  menempati gedung milik sendiri yang dibangun diatas tanah  yang sebelumnya dimiliki oleh SMPN 2 Bandung. Data identitas sekolah adalah sebagai berikut :

Nama  Sekolah : SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung
Alamat : Jalan  Desa Bantengan  RT.04 RW.03

Dusun Krajan

Desa : Bantengan
Kecamata : Bandung
Kabupaten : Tulungagung
Provinsi : Jawa Timur
Kode Pos : 66274
Telepon : (0355) 531899
Fax : (0355) 534883
Website : www.smknbandung.sch.id
Email : smknbandung@smknbandung.sch.id
Kepala  Sekolah    :

 

:
  1. Drs. Suwarsono, M.Pd. (2004)
  2. Drs. Sudirman, M.M. (2005-2013
  3. Drs. H. Nurhasyim, M.M. (2013-Sekarang)

Sejarah Perkembangan

SMK Negeri  1 Bandung berdiri pada tahun 2004 dengan  2  Kompetensi Keahlian, yaitu :

  1. Komli.  Teknik Mekanik Otomotif
  2. Komli.  Teknik Las

Dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa yang pada tahun 2007 telah lulus  100%.

Pada tahun pelajaran 2005/2006, Kompetensi Keahlian SMK Negeri 1 Bandung mengalami penggabungan menjadi Teknik Mekanik Otomotif saja dengan jumlah siswa sebanyak 226 siswa.

Tahun pelajaran 2008/2009 SMK Negeri 1 Bandung menambah 1 kompetensi keahlian, sehingga menjadi 2 kompetensi, yaitu

  1. Komli.  Teknik Mekanik Otomotif ( Teknik Kendaraan Ringan )
  2. Komli.  Akuntansi

Bersamaan dengan itu, kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan mendapatkan sertifikat akreditasi dengan nilai A. Jumlah siswa keseluruhan pada tahun tersebut mengalami peningkatan signifikan menjadi 809 siswa.

Tahun pelajaran 2010/2011 SMK Negeri 1 Bandung kembali menambah 1 kompetensi keahlian, sehingga menjadi 3 kompetensi, yaitu :

  1. Komli.  Teknik Teknik Kendaraan Ringan
  2. Komli.  Akuntansi
  3. Komli.  Teknik Sepeda Motor

Pada tahun ini SMK Negeri 1 Bandung kembali mengalami peningkatan dari jumlah siswanya, yang keseluruhan mencapai 1360 siswa.Sebagai upaya memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan dan tuntutan teknologi, pada tahun pelajaran 2014/2015 SMK Negeri 1 Bandung kembali menambah kompetensi keahlian yang dimiliki menjadi sebagai berikut

  1. Komli.  Teknik Teknik Kendaraan Ringan
  2. Komli.  Akuntansi
  3. Komli.  Teknik Sepeda Motor
  4. Komli.  Teknik Komputer dan Jaringan
  5. Komli.  Administrasi Perkantoran
  6. Komli.  Teknik Elektronika Industri

Keenam kompetensi keahlian yang dimiliki SMK Negeri 1 Bandung, 3 diantaranya telah mendapat sertifikat akreditasi dengan nilai A yaitu kompetensi keahlian Teknik Teknik Kendaraan Ringan, Akuntansi dan Teknik Sepeda Motor. Ketiga kompetensi keahlian tersebut terakreditasi pada tahun 2012. Jika melihat di dari sisi  perkembangan jumlah siswa,  SMK  Negeri  1 Bandung menunjukkan perkembangan yang luar biasa.
Pada tahun pelajaran  2015/2016  jumlah  siswa  dari  tingkat/kelas X  sampai dengan tingkat/kelas  XII mencapai  1754 siswa. Sedangkan pada Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2015/2016, tingkat/kelas X terdiri dari 20 rombongan belajar dengan siswa sekitar 780 anak. Sehingga pada masa itu jumlah keseluruhan siswa mencapai sekitar 2100 anak.

Ini  menunjukkan  bahwa keberadaan SMK Negeri  1 Bandung telah  mendapat kepercayaan masyarakat. Masyarakat mempercayai SMK Negeri 1 Bandung merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dan mampu melahirkan generasi penerus yang mampu bersaing dalam DU/DI tingkat regional, nasional bahkan internasional.